Pages

Tuesday, January 13, 2015

Resep Cara Membuat Bakso Ikan

Resep Cara Membuat Bakso Ikan – Bakso Ikan adalah salah satu kuliner yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Rasa gurih dari ikan membuat Bakso Ikan ini tidak kalah bersaing dengan Bakso Sapi. Dalam segi kesehatan tentunya Bakso Ikan kaya akan vitamin serta protein yang sangat bermanfaat bagi tubuh sehingga Bakso Ikan sangatlah bagus bila di konsumsi setiap hari.
Bakso Ikan

Resep Cara Membuat Bakso Ikan

Bakso Ikan memiliki tekstur yang lebih empuk daru pada tekstur Bakso Sapi karena ikan tidak banyak memiliki serat. Dalam pembuatannya Bakso Ikan sangat mudah di buat dan tidak perlu skill yang khusus, hanya saja sama seperti pembuatan Bakso yang lain yaitu anda perlu kesabaran dalam membentuk bulatan Bakso. Kali ini kami akan menyajikan Bakso Ikan Tengiri yang tentunya sangat bagus b ila di konsumsi anak- anak karena mengandung banyak vitamin serta protein yang dapat membantu kecerdasan otak anak. Berikut ini silahkan simak tentang langkah- langkah dan Cara Membuat Bakso Ikan yang tepat sebagai berikut ini :

Bahan Bakso Ikan :

        1/2 kg ikan tenggiri segar, ambil dagingnya dan haluskan
        3 butir putih telur
        125 gram tepung tapioka
        50 cc air es
        3 sdt minyak goreng

Bumbu Bakso Ikan :

        6 siung bawang putih, haluskan
        2 std merica bubuk
        3/4 sdt penyedap rasa
        1 1/2 sdt kecap ikan
        1 1/2 sdt garam

Cara Membuat Bakso Ikan :

  1. Masukkan ikan tenggiri, putih telur, air es dan seluruh bumbu kedalam foodprocessor atau blender. Giling hingga halus dan semua tercampur.
  2. Tambahkan tepung tapioka dan minyak goreng. Giling kembali hingga tercampur rata.
  3. Masak air dengan api kecil, jaga agar air tidak mendidih.
  4. Cetak adonan berbentuk bulat dengan tangan. Caranya letakkan adonan di tangan kiri, kemudian kepalkan tangan kiri yang berisi adonan hingga adonan keluar dari bagian antara ibu jari dan jari telunjuk. Gunakan sendok untuk mengambil adonan dan masukkan dalam air panas. Lakukan hingga adonan habis. Pastikan tangan dalam keadaan bersih atau gunakan plastik tangan.
  5. Setelah semua adonan telah selesai dicetak, besarkan api untuk merebus bakso. Tunggu hingga bakso mengapung, sebagai tanda bahwa bakso telah matang. Angkat, tiriskan dan sajikan.

Sumber: dapuranda.com

1 comments: