Pages

Friday, February 6, 2015

8 Olahraga Mengurangi Lemak di Perut

KESEHATAN – Lemak di perut bukan cuma pemandangan yang mengganggu bentuk tubuh, tetapi juga membahayakan. Pasalnya, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa lemak di perut berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Punya tumpukan lemak di perut juga? Ayo segera kecilkan dengan berbagai jenis olahraga seperti yang dilansir dari Health Me Up berikut 8 Olahraga Mengurangi Lemak di Perut yaitu:

Berjalan atau berlari
1. Berjalan atau berlari
Anda mungkin berpikir, Apa hubungannya olahraga yang menggunakan gerak kaki dengan usaha mengecilkan perut? Sebenarnya memang tidak ada. Namun membiasakan diri untuk berjalan atau berlari tidak ada ruginya, yang penting Anda bergerak. Sedikit demi sedikit, kalori akan semakin banyak terbakar. Sehingga bukan lemak di perut saja yang akan menyusut, bagian tubuh lain pun pasti bertambah ramping.

Elliptical trainer
2. Elliptical trainer
Elliptical Trainer adalah salah satu alat kardio yang biasanya ditemukan di pusat kebugaran. Alat yang satu ini disarankan untuk pengunjung pusat kebugaran yang rawan mengalami nyeri sendi saat menggunakan treadmill.
Gerakan dengan elliptical trainer bisa dibilang merupakan gabungan antara jalan kaki dan naik tangga. Jadi bukan seperti jalan kaki yang membutuhkan kekuatan tubuh bagian bawah, olahraga Elliptical Trainer juga membuat tubuh bagian atas ikut aktif.

Bersepeda
3. Bersepeda
Ingin bugar sekaligus menyenangkan? Ayo biasakan diri untuk bersepeda. Selama 30 menit saja, Anda sudah bisa membakar 250-500 kalori.
Bersepeda pun sebaiknya dilakukan di lingkungan yang bebas polusi. Sebab percuma saja jika Anda capek-capek bersepeda, tetapi malah menghirup udara kotor dari asap kendaraan.

Bicycle exercise
4. Bicycle exercise
Tidak punya sepeda kayuh? Anda bisa tetap melakukan olahraga yang mirip dengan bersepeda melalui Bicycle Exercise. Bagaimana caranya? Pertama, Anda harus berbaring dengan posisi kedua tangan berada di belakang kepala. Kemudian angka lutut ke dada sambil mengangkat kepala namun pundak tetap menempel di lantai. Setelah itu, temukan siku kiri dengan lutut kanan sementara kaki kiri ditarik lurus. Lakukan bergantian seperti Anda sedang mengayuh sepeda. Itulah bicycle exercise.

Chair leg raise
5. Chair leg raise
Sama seperti elliptical trainer, chair leg raise sebenarnya juga ditemukan di pusat kebugaran. Alat tersebut umumnya memiliki lengan dan sandaran, namun tanpa tempat duduk. Sehingga kaki bisa menggantung bebas di atas lantai.
Caranya, letakkan tangan pada lengan kursi dan punggung menempel pada sandaran. Perlahan-lahan, angkat kaki ke depan dan tahan beberapa saat. Ulangi beberapa kali untuk membakar lebih banyak lemak di perut.

Ball crunch
6.Ball crunch
Olahraga yang satu ini perlu stabilitas dan kekuatan otot yang maksimal. Benar-benar cara efektif untuk menyusutkan lemak di perut.
Olahraga ball crunch mirip seperti sit up di atas bola. Anda harus meletakkan punggung di atas bola dan tangan di kepala. Setelah itu angkat kepala perlahan-lahan sambil menyeimbangkan tubuh agar tidak jatuh.

Vertical leg crunch
7. Vertical leg crunch
Mirip seperti ball crunch dan sit up, tetapi di sini Anda harus mengangkat kaki tinggi-tinggi selama menarik tubuh ke depan.
Pertama, Anda harus berbaring dengan tangan di belakang kepala. Angkat kaki dan silangkan ke udara. Kepala dan pundak harus tetap menempel di lantai. Selama kaki di udara, tarik tubuh ke depan dan ulangi beberapa kali.
Sit up
8. Sit up
Terakhir, olahraga yang mampu mengurangi lemak di perut adalah sit up. Jika Anda tidak kuat melakukannya sendirian, minta bantuan orang lain untuk menahan kaki selama Anda berusaha menarik tubuh ke depan.

Beri alas pada punggung ketika melakukan sit up. Sebab jika Anda langsung berbaring di lantai, punggung dipastikan merasakan nyeri karena tulang belakang yang bergesekan dengan benda keras.

Sumber: Merdeka.com

0 comments: